𝗠𝗔𝗨 π—”π—‘π—”π—ž π—Ÿπ—”π—‘π—–π—”π—₯ π—•π—œπ—–π—”π—₯𝗔? 𝗬𝗔 π—”π—π—”π—ž π—•π—œπ—–π—”π—₯𝗔 π——π—’π—‘π—ž

𝗠𝗔𝗨 π—”π—‘π—”π—ž π—Ÿπ—”π—‘π—–π—”π—₯ π—•π—œπ—–π—”π—₯𝗔? 𝗬𝗔 π—”π—π—”π—ž π—•π—œπ—–π—”π—₯𝗔 π——π—’π—‘π—ž

2 anak saya bisa 3 bahasa. Inggris, Indonesia, dan Mandarin. Sejak lahir, saya membiasakan berbicara dengan mereka dengan bahasa Mandarin. Suami saya berbicara dengan bahasa Indonesia. Inggris mereka kuasai ketika menonton YouTube atau ketika kita membacakan buku Bahasa Inggris.

Kenapa?
Indonesia – tidak lupa asal usul bangsa
Mandarin – komunikasi dengan orang tua saya
Inggris – ini merupakan bahasa international.

Anak pertama tidak ada masalah bicara karena saya dan suami sering ngobrol dengan dia dari bayi. Ketika dia berusia 15 bulan, dia mengeluarkan kata pertama, Papa. Ketika berusia 2.5 tahun, mulai lancar 1 kalimat campur. Umur 3 tahun, sudah bisa menerjemahkan apa yang saya sampaikan ke dia ke papanya.

Anak kedua mengeluarkan kata pertama di usia 15 bulan. First word: mamam. Udah tau prioritas. Second word: Papa. Third word: Google. Kata keempat barulah Mama. Sampai usia 2 tahun, hanya 5 kata. Sekitar saya sudah mulai keluar suara, “Kok 2 tahun baru bisa 5 kata? Lambat ya.”

Padahal dia mengerti apa yang kita sampaikan. Beberapa bilang, “Fokus saja ke 1 bahasa, biar anaknya cepat ngomong.” Saya tidak mau karena sampai usia 6 tahun adalah golden age dimana mereka meresapi informasi yang diterima (berkat zoom denganΒ @m3riani

Di usia 2 tahun 4 bulan
Berkat zoom Nita dan FenitaΒ @adropofmiracleΒ saya belajar teknik pijat sekitar mulut. Teknik yang diberikan Nita lebih lengkap, tetapi saya hanya menerapkan teknik pijat seperti slide ke3 saja karena anak saya suka menghindar kalau saya pijat. Saya pijat lembut dicampur Vetiver + V6 / Seedlings Baby Oil karena aromanya membuat rileks dan fokus. Cukup 2-3 menit. Keesokannya dia bicara beberapa kata baru. Saya lanjut konsisten beberapa hari.

Sekarang dia 3 tahun dan cerewet sekali. Suka meniru kita ngomong. Bicara Mandarin ke saya dan bahasa Indonesia ke papanya. Tentunya tambah gemesin kan?

Deny Sentosa
lovelifeloveoil@gmail.com
No Comments

Post A Comment