ILMU DIBALIK AROMATERAPI

ILMU DIBALIK AROMATERAPI

Apakah kamu pernah mencium sesuatu dan merasa dibawa kembali ke masa lalu? Apakah aroma kue kering cokelat hangat mengingatkan anda ketika membuat kue bersama orang terkasih atau aroma salju segar yang mengingatkan kenangan liburan, aroma dapat sangat berhubungan dengan memori. Penciuman adalah perasa yang sangat kuat dan ada ilmu dibalik alasannya. Mari lihat bagaimana aroma dapat mempengaruhi otak manusia dan ilmu dibalik aromaterapi.

APA ITU AROMATERAPI?

Aromaterapi adalah modalitas holistik yang menggunakan senyawa aromatik kompleks dari ekstrak tumbuhan alami untuk mendukung kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan. Aromaterapi menggunakan minyak esensial aromatik dan dipercaya dibeberapa budaya untuk menunjang kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa.

BAGAIMANA AROMATERAPI MEMPENGARUHI OTAK?

Mari melangkah ke dalam laboratorium kami untuk mempelajari ilmu dibalik aromaterapi. Keluarkan jas putih dan google keselamatan anda! Hari ini kita akan belajar mengenai olfaktorius, kata ilmiah untuk indra penciuman kita. Karena bagaimana otak kita diatur, indra ini sangat erat dengan emosi dan ingatan kita.

Ketika anda menghirup sebuah aroma, molekul aroma berinteraksi dengan lapisan hidung. Hal ini berbicara kepada saraf di sana untuk menghasilkan pesan untuk bulbus olfaktorius, yang memproses sinyal dan mengirimkan informasi tentang bau ke sistem limbik, pusat emosi dan memori. Menariknya, indra kita yang lain tidak melewati sistem yang sama. Itu mengapa penciuman sangat kuat! Bergantung pada informasi yang didapat otak kita dari hidung kita, aroma dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, mengubah tekanan darah, mempengaruhi pencernaan, memicu ingatan, membangkitkan emosi, dan memicu sejumlah respon fisiologis lainnya.

APA EFEK PSIKOLOGIS DARI AROMATERAPI?

Sederhananya, ketika sebuah bau tiba di sistem limbik, otak akan melepaskan zat kimia saraf yang unik, memicu berbagai reaksi. Ini dikarenakan struktur pada sistem limbik dapat mempengaruhi suasana hati, ingatan, kognisi, dan emosi. Mari telusuri struktur-struktur tersebut:

Mungkin anda sudah pernah mendengar kata amygdala sebelumnya tapi apakah anda ingat, apa itu? Ditemukan di sistem limbik kompleks otak. Amygdala adalah massa yang berbentuk seperti biji almond, berhubungan dengan respon emosional, terutama yang negatif seperti rasa takut dan jijik. Anggap saja sebagai penjaga mercusuar mengirimkan peringatan ketika situasi berbahaya muncul. Itu juga membantu mengeluarkan hormon dan mengatur ingatan.

Bagian penting lainnya dari sistem limbik yang disebut sebagai hippocampus. Ini mengindeks, mengarsipkan, dan mengambil kembali ingatan kita (mungkin saat mengenakan rompi sweater kecil!). Ini juga membantu membentuk ingatan jangka panjang dan jangka pendek.

‘Hypothalamus’ adalah sosok lain yang membantu dalam sistem limbik kita. Bagian ini pada otak kita adalah insinyur yang membuat banyak sistem kita tetap berjalan. Suhu tubuh? hypothalamus bekerja pada bagian itu. Pengaturan tidur? Ini mendukung anda juga. Metabolisme, adrenalin, dan hormon juga bagian dari tugasnya. Ini adalah pusat emosi terpenting, mengendalikan molekul yang membuat anda sangat gembira, marah, atau tidak bahagia. Bahkan beberapa menganggap pria kecil ini sebagai pusat dari koneksi pikiran/tubuh!

Bayangkan semua bagian-bagian terhebat di otak bekerja sama untuk memproses sebuah aroma, mungkin ini roti yang baru dipanggang atau rumput yang baru dipotong. Inilah sebabnya mengapa bau dapat memicu pengalaman yang sudah lama terlupakan dalam sekejap. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bau memicu ingatan emosional lebih intens dan jelas daripada gambar. Inilah sebabnya mengapa ilmu dibalik aromaterapi sangat kuat: Otak kita melakukan jutaan hal yang kompleks, hebat, dan menakjubkan dengan aroma setiap harinya!

BAGAIMANA MENGGUNAKAN ESSENTIAL OIL UNTUK AROMATERAPI

Itu saja untuk kelas ilmu sains hari ini. Jangan khawatir apabila kamu kehilangan kartu flash karena kuncinya sederhana: Aroma sangat kuat! Ini mempengaruhi pada sistem limbik otak dengan semua jenis cara. Suasana hati, ingatan, kognisi, emosi, dan perilaku semuanya terpengaruh. Itu saja ilmu aromaterapi yang benar-benar kita butuhkan untuk memulai.

Jadi, dengan aroma apa anda ingin mulai? Oils tanah, oils kayu-kayuan, oils buah, oils mint, oils bunga, kami mempunyai semuanya! Ada oils spicy, oils citrus, oils resin, oils kamper, dan oils herban. Karena kita semua mempunyai emosi dan ingatan yang berbeda-beda, masing-masing oil ini akan mempunyai sedikit efek yang berbeda untuk setiap orang. Namun, setiap jenis aroma-aroma ini umumnya menawarkan manfaat dan pengaruh sebagai berikut:

  • Oil Tanah

Seringkali dianggap untuk membumi, menstabilkan, menenangkan, dan menopang. Vetiver adalah sebuah earthy oil (tanah) dan ini sangat sering dipakai diffuse saat jam tidur untuk mengisi ruangan dengan aroma yang menenangkan.

  • Oil Kayu

Mempunyai aroma yang seringkali dianggap memiliki kualitas yang memusatkan, stabil, menguatkan, dan memberdayakan. Northern Lights Black Spruce adalah contoh oil kayu yang bagus, terkenal digunakan saat sesi meditasi.

  • Oil Buah

Seringkali digambarkan untuk menghidupkan kembali, melembutkan, harmonisasi, dan menceriakan. Essential oil blend seperti Citrus Fresh, Lime, dan Orange sangat menyenangkan untuk didiffuse setelah seharian bekerja untuk membuat ruangan anda menjadi lebih nyaman.

  • Oil Mint

Mempunyai aroma yang merangsang, memberi energi, memeriahkan, dan menghidupkan. Oil mint terkenal untuk digunakan dengan cara oles ketika anda ingin menulis, melukis di kanvas, atau sedang melakukan proses proyek kreatif lainnya. Spearmint adalah satu satu kesukaan kami.

  • Oil Bunga

Seperti Neroli dan Ylang Ylang memiliki wangi yang lembut untuk menenangkan, sensual, mengasuh, dan membangkitkan semangat. Aromanya sangat manis sehingga sering digunakan sebagai top note untuk parfum kelas atas.

  • Oil Panas

Essential oil spicy seperti Cinnamon Bark mempunyai aroma menyegarkan, menghangatkan, menenangkan, dan memotivasi. Karena aromanya mengingatkan pada liburan favorit, oil-oil ini populer digunakan saat bulan-bulan dingin. Beberapa oil-oil kesayangan ini yang paling umum untuk memberi kenangan indah dan nyaman.

  • Oil Resin

Mempunyai aroma dengan kualitas yang menetap, sunyi, menenangkan, dan meditatif. Myrrh dan Copaiba adalah oil resin. Jenis oil ini terkenal digunakan selama latihan yoga yang menyegarkan.

  • Oil Kamper

Mempunyai aroma yang merangsang, meremajakan, dan memperbaharui. Sage dan Eucalyptus adalah contoh dari jenis ini. Oil-oil ini seringkali digunakan secara aromatik untuk mencerahkan ruangan dan menciptakan sensasi pernapasan yang lebih dalam.

  • Oil Herbal

Seperti Basil, Lavender, dan Rosemary mempunyai aroma segar yang mencerahkan, menenangkan, mengatur, dan menyeimbangkan. Oil-oil ini mampu memikat indra dan merupakan teman yang sangat baik untuk campuran diffuser.

BAGAIMANA SAYA BISA MELAKUKAN AROMATERAPI DI RUMAH?

Sekarang anda sudah mengetahui ilmu dibalik aromaterapi, tanyakan pada diri anda, oil apa yang sedang anda butuhkan hari ini. Mungkin anda mencari sedikit Lavender pada saat tidur. Mungkin anda ingin memperdalam latihan yoga anda dengan setetes Frankincense pada pergelangan tangan anda. Siap untuk naik panggung? Nafas Peppermint yang menguatkan akan menyegarkan anda. Atau mungkin anda ingin mencoba sesuatu yang baru! Luangkan waktu sejenak untuk melihat oil-oil anda dan temukan satu yang jarang sekali anda gunakan. Biarkan diri anda terbuka untuk oil apapun yang memanggil anda pada saat itu.

Untuk moment sederhana aromaterapi anda hari ini, sesederhana menghirup aroma yang telah anda pilih dan fokus pada pernafasan anda. Biarkan aroma itu mengelilingi anda sehingga anda dapat menikmatinya dengan sepenuhnya.

Untuk sebuah pengalaman yang berlangsung sepanjang hari, tambahkan essential oil pilihan anda untuk diffuse, ikuti petunjuk penggunaan, dan biarkan aromanya memenuhi ruangan anda.

Mencari sesuatu yang lebih menyadarkan? Anda dapat mencampurkan 3-12 tetes oil kesukaan anda dalam sebuah mangkok berisi air hangat. Bersandar pada dekat mangkok tersebut, tutup kepala anda dengan handuk, dan hirup uapnya dalam-dalam. Ingat untuk mengambil jeda apabila anda terlalu kepanasan.

Mencari masukan untuk aromaterapi? Silahkan lihat arahan essential oil aromaterapi (https://www.youngliving.com/blog/aromatherapy-essential-oils-guide/) atau baca yang lain tentang petualangan pada aromaterapi (https://www.youngliving.com/blog/?s=adventures+in+aromatherapy&lang=en)

ESSENTIAL OIL APA YANG ANDA GUNAKAN UNTUK MERAWAT  INDERA ANDA?

*Postingan ini ditulis bersama dengan Ed Dailey RN. Pasien advokat RN, E-500 RYT telah menjadi perawat, guru yoga, pembicara, penulis, dan pendidik selama lebih dari 26 tahun.

*Tulisan di atas diterjemahkan langsung dari https://www.youngliving.com/blog/what-aromatherapy-science-how-works/?

Deny Sentosa
lovelifeloveoil@gmail.com
No Comments

Post A Comment